Pengaruh Domain Dengan WWW Dan Tanpa WWW Terhadap SEO

Agus Web 28 Apr 2017 - 18:11 0 Komentar
Apa Perbedaan Situs Web Dengan WWW Dan Non-WWW?

Taukah anda kalau algoritma google terbaru sangat menyoroti faktor nama domain dalam memberikan ranking di indeks mesin pencari mereka?
Jika kita perhatikan di keyword popular seperti "cara menghilangkan jerawat" dll. maka dapat kita lihat peringkat teratas didominasi situs dengan top level domain (tld) berawalan subdomain www dan tanpa www.

Mungkin anda mengira tidak ada pengaruh penggunaan "www" diawalan domain, namun perlu diketahui kini hal itu sangat berpengaruh terhadap SEO.
Cenderung situs dengan "www" lebih disukai google, alasan utama ialah lebih terlihat profesional itulah mengapa alamat url web google www.google.com bukan google.com walau tetap bisa diakses hanya google.com Tetapi tidak serta merta dengan memakai www situs otomatis menjadi SEO, lebih dari itu tergantung juga faktor struktur permalink digunakan dan inilah non-www pun masih bisa teratas mengalahkan kompetitor.
Dan jika anda menganggap SEO itu penting maka berikut contoh setting alamat url website / blog yang bagus dimata google :

Dengan WWW
memutuskan situs memakai "www" maka struktur permalink terbaik adalah sebagai berikut www.domain.com/judul-postingan.html itu terbaik!

Non-WWW
Untuk varian URLs domain tanpa www lebih banyak pilihan, pengalaman terbaik struktur permalink tanpa www ialah domain.com/judul-postingan/ atau bisa juga domain.com/kategori/judul-postingan/ dan kedua memakai kategori dalam struktur permalink sedang menjadi trends contohnya dipakai situs populer seperti seword, kumparan (portal berita kecil tapi terkenal berkat seo-nya).

Tetapi dari 3 contoh struktur permalink diatas, banyak praktisi SEO dunia menganggap domain.com/judul-postingan/ lebih tajam di mesin pencari contoh praktik pada keyword dengan angka penelusuran jutaan per hari yakni "cara menghilangkan jerawat".
Saya sendiri akui tanpa www dan struktur permalink "postname only" memang postingan lebih mudah mendapatkan peringkat tapi untuk home page sangat sulit. Selain itu tidak memakai sudbomain diawalan domain lebih mudah terkena google sandbox pun jika postingan sudah banyak seringkali terjadi kasus duplikat konten atau terjadi 2 postingan dianggap judul yang sama misalnya saya menulis artikel berjudul "saya ganteng banget" maka permalink dihasilkan "domain.com/saya-ganteng-banget/" dan dikemudian hari saya menerbitkan postingan berjudul "ganteng banget saya" permalink "domain.com/ganteng-banget-saya/".
Kita yang manusia mungkin melihatnya cuma kata yang dibalik saja tetapi tidak begitu dengan googlebot, ia menilai ini duplikat title.

Anda mengira ini cuma imajinasi / opini pribadi saya saja?
Yuk lupakan egois sayapun tau anda ahli seo namun sejenak mari kita riset keyword, cek berbagai niche popular dan ikut diskusi di forum-forum pakar seo dunia supaya wawasan bertambah. Walaupun bicara pengalaman kita sama-sama mungkin sudah bertahun menjadi blogger.
Demikian ulasan mengenai perbedaan serta pengaruh domain www dan tanpa www terhadap seo. Semoga bermanfaat.

catatan: apapun didepan nama domain itu disebut subdomain tidak terkecuali dengan www, m, blog dsb.

aplikasi youtube downloader