Penyebab Blog Dengan Subdomain Sulit Tampil & Bersaing Di Google

Agus Web 13 May 2017 - 11:51 0 Komentar
Ketika ada 2 atau lebih blog dengan alamat url subdomain dari induk domain nextwapblog.com baik sengaja maupun tidak (bersaing) membidik keyword yang sama, maka google hanya akan menampilkan 1 blog saja dari 2 atau lebih blog yang bersaing tersebut di indeks mesin pencarian mereka. dan blog yang tampil tersebut adalah blog dengan domain authority (da) / page authority (pa) terkuat.
Hal ini disebabkan sistem algoritma google menilai subdomain selain "www. m." tidak bedanya dengan sub directory folder misalnya "blog.domain.com dianggap sama dengan domain.com/blog" jadi seberapa banyaknya konten berasal dari subdomain dan directory dianggapnya konten dari domain akar dan demi alasan relefansi hasil penelusuran google hanya tampilkan 1 link saja di indeks.

Sebagai contoh dapat kita cek pada keyword "Template Nextwapblog" dimana banyak pengguna nwb posting konten tentang template nwb, maka dapat kita lihat hanya 1 blog dengan subdomain nextwapblog yang tampil dan dialah blog memiliki page authority tertinggi diantara sekian banyak nwb menarget keyword tersebut.
Sekalipun ada blog punya konten lebih relefan terkait niche template nwb, namun sekali lagi faktor algoritma google membuat keanehan semua ini dimana domain maupun page authority sangat menentukan.

Lalu apakah ini sebuah kerugian penggunaan subdomain?
Perlu dicatat di sini ialah hal ini terjadi / berlaku untuk semua blog dengan subdomain dari akar domain yang sama tidak terkecuali wordpress dan platform blogging lainnya kecuali Blogger
Intinya sebenarnya bagi pengguna nextwapblog maupun platform Blog Ponsel lain, kita itu lebih bersaing dengan sesama pengguna untuk beberapa niche keyword tertentu terutama keyword yang banyak dibidik sesama pengguna lain "template nextwapblog, cara membuat blog di nextwapblog, situs blog ponsel, Wikiserp - Blog Builder Indonesia dsb".

Agar selalu blog kita yang tampil, maka kita harus menguatkan domain authority dan pages authority dengan cara mencari sumber backlink berkualitas namun dalam jumlah yang terukur.
Setelah berhasil menjadi "yang ditampilkan di google" makan pesaing kita selanjutnya adalah situs web lain.

Saya rasa jika kamu kurang mengerti akan prinsip seo algoritma google mengenai relefansi konten dan yang terkait masalah ini, solusi alternatif lainnya kamu bisa beli top level domain (TLD) parkir domain sendiri di blog kamu dan kamu tidak perlu lagi "ikuti dobel kompetisi melawan sesam nwb dan situs lain".
Apapun namanya gratis selalu ada saja kekurangan terutama urusan seo beda kalau gunakan apapun produk milik google, gratis ya jelek pun diutamakan.
Hendaknya hal ini pula dijadikan pelajaran bagi kita yang punya domain sendiri jangan buat banyak-banyak subdomain, sayang nantinya kalaupun nekat buatlah 1-2 saja cukup contoh news.domainmu.com satunya lagi ganteng.domainmu.com".

Demikian ulasan mengenai "Penyebab Blog Dengan Subdomain Sulit Tampil & Bersaing Di Indeks Mesin Pencari Google" dari saya, semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung.

CATATAN
fenomena ini terjadi di semua subdomain baik domain milik pribadi, disediakan platform blogging manapun kecuali subdomain dari blogspot.com

aplikasi youtube downloader