5 Faktor Yang Membuat Situs Web Disukai Google

Agus Web 09 Mar 2017 - 23:20 0 Komentar
Membuat website itu mudah, siapa saja bisa termasuk blogger pemula sekalipun menggunakan cms seperti wordpress, joomla, framework drupal dll memanfaatkan server hosting gratis hostinger dsb.
Namun bagaimana jika membuat situs web dengan kriteria yang sangat disukai mesin pencari seperti google, yahoo, bing apakah semua orang bisa dan mengerti cara melakukannya?

Secara singkat akan saya jabarkan poin apa saja untuk membuat sebuah situs web masuk kriteria situs yang disukai google sehingga situs tersebut mudah mendapatkan ranking tinggi serta peringkat terbaik di index sesuai keyword target.
Sebelumnya perlu diketahui bahwa ini merupakan hasil observasi dan pengalaman pribadi selama berkecimpung di dunia blogging, jika anda (pembaca) tidak sependapat abaikan, bila merasa ini berguna menjadi wawasan ilmu pengetahuan baru seputar dunia blogging bagi semua, saya pula tidak sedang meminta untuk dijadikan referensi.
Tanpa membuang waktu basa basi lagi berikut daftar hal-hal yang membuat situs web sangat disukai mesin pencari :
  • #1. Isi Konten, hampir 78% yang dirayapi googlebot dari sebuah laman web adalah konten teks dengan panjang minimal 500 kata / 10.000 karakter teks. posisi SERP situs 1 niche topik lebih kuat daripada blog gado-gado (untuk gambar, emblem dsb seringkali diabaikan, namun gambar dengan atribut alt punya nilai tambah terhadap relevansi konten secara keseluruhan).
  • #2. Loading Situs, google lebih cepat mengindex situs dengan struktur kode html murni (versi stabilo) ketimbang situs yang lebih banyak memuat javascript (loading ringan di browser pengguna ringan pula dimata googlebot namun ini juga dipengaruhi kecepatan server web hosting yang digunakan).
  • #3. SEO Off Page, 60% perankingan google terpengaruh dari optimasi off page (berapa banyak backlink berkualitas tinggi mengarah ke situs tersebut hal ini sebagai salah satu dari 200 sinyal digunakan google memberi peringkat miliyaran laman web).
  • #4. SEO On Page, mempunyai banyak outbound link berupa anchor text tanpa atribut nofollow dalam konten mahupun bagian-bagian tertentu situs (header, navigation, footer) menyebabkan reputasi situs menjadi buruk dimata mesin pencari dan hal ini bisa menjadi sebab google sandbox, blog dianggap spam dsb yang menurunkan peringkat bahkan menghilangnya situs dari index.
  • #5. Faktor Nama Domain, skor tinggi untuk authority domain (da) dan page authority (pa) (kesimpulannya domain lama lebih unggul ketimbang domain baru).
Dari 5 poin dipaparkan diatas tadi, dapat kita jadikan dasar teknik membangun situs web yang baik dimata google.
Seperti cara menulis artikel postingan harus panjang, memilih cms mana terbaik, desain tampilan, cara mendapatkan backlink berkualitas karena ini sangat penting untuk meningkatkan peringkat, menghindari tautan rendah kualitas (spam) inbound mahupun outbound, mengerti kalau domain baru belum bisa bersaing serta kesimpulan lain sekiranya bisa ditangkap dari 5 faktor apa saja penting dan utama penyebab google menyukai atau membenci sebuah situs.

Lebih terperinci mungkin bisa dijelaskan pada kolom komentar, silahkan bertanya jika ada masih belum mengerti sebagai bahan diskusi kita bersama.
Demikian artikel ini diulas, semoga mencerhakan. #HappyBlogging

aplikasi youtube downloader